Sekretariat

 


Pasal 3

  1. Sekretariat mempunyai tugas mengoordinasikan, membina dan mengendalikan penyusunan rencana dan program, pengelolaan keuangan, dan menyelenggarakan urusan umum, aset dan administrasi kepegawaian.
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Sekretariat mempunyai fungsi :

  • penyusunan program, koordinasi, pembinaan dan pengendalian penyusunan program dan rencana kegiatan dinas;
  • penyusunan program, koordinasi, pembinaan dan pengendalian evaluasi dan pelaporan kegiatan dinas;
  • penyusunan program, koordinasi, pembinaan dan pengendalian penyusunan anggaran dan pengelolaan keuangan;
  • penyusunan program, koordinasi, pembinaan dan pengendalian pengelolaan aset dinas;
  • penyusunan program, koordinasi pembinaan dan pengendalian pengelolaan surat-menyurat dan rumah tangga;
  • penyusunan program, koordinasi, pembinaan dan pengendalian pengelolaan administrasi kepegawaian; dan
  • penyusunan program, koordinasi, pembinaan dan pengendalian pengelolaan organisasi, tatalaksana dan hubungan masyarakat.

    3. Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah sebagai berikut:

  • menyusun program, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan penyusunan program dan rencana kegiatan dinas;
  • menyusun program, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan evaluasi dan pelaporan kegiatan dinas;
  • menyusun program, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan penyusunan anggaran dan pengelolaan keuangan;
  • menyusun program, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan pengelolaan aset dinas ;
  • menyusun program, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan pengelolaan surat-menyurat;
  • menyusun program, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan pengelolaan administrasi kepegawaian;
  • menyusun program, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan pengelolaan organisasi, tatalaksana dan hubungan masyarakat ;
  • menyusun program, mengoordinasikan, membina, mengatur pengadaan perlengkapan rumah tangga yang menjadi kebutuhan dinas;
  • mengoordinasikan penyusunan Standart Operasional Prosedur ( SOP ) lingkup dinas; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai bidang tugas dan kewenangannya.

    4. Sekretariat terdiri atas :

  • Sub bagian perencanaan dan pelaporan;
  • Sub bagian keuangan; dan
  • Sub bagian umum, kepegawaian.

Pasal 4

  1. Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan program dan rencana kegiatan, evaluasi serta penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan.
  2. Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah sebagai berikut :

  • menyiapkan bahan dan menyusun program dan rencana kegiatan Dinas Lingkungan Hidup;
  • menghimpun, mengolah, menganalisis dan menyajikan data Bidang Lingkungan Hidup;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan kerjsa sama penyusunan rencana stratejik (Rensta), Rencana kerja (Renja), Perjanjian Kinerja (PK), dan Indikator Kinerja Utama (IKU) Dinas Lingkungan Hidup yang terintegrasi;
  • menyiapkan bahan dan membuat laporan realisasi fisik dan keuangan (RFK) dalam rangka melaksanakan evaluasi dan pengendalian pelaksanaan program dan kegiatan;
  • menyiapkan bahan dan mengolah laporan kinerja instansi pemerintah (LKIP), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban ( LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Dinas Lingkungan Hidup;
  • menyiapkan bahan dan menyusun laporan kinerja penyusunan perencanaan dan pelaporan; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai bidang tugas dan kewenangannya.

Pasal 5

  1. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana kerja dan anggaran, penatausahaan dan pelaporan keuangan.
  2. Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah sebagai berikut :

  • menyiapkan bahan dan menyusun rencana kegiatan pengelolaan keuangan;
  • menyiapkan bahan dan menyusun petunjuk teknis pengelolaan keuangan;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan kerjasama penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja Dinas Lingkungan Hidup;
  • menyiapkan bahan pengesahan dokumen anggaran ;
  • menyiapkan bahan dan mengelola penatausahaan keuangan, perbendaharaan, akuntansi dan verifikasi;
  • menyiapkan bahan dan memproses administrasi pembayaran gaji dan tunjangan;
  • menyiapkan bahan dan memfasilitasi pemeriksaan internal maupun eksternal serta tindak lanjut hasil pemeriksaan;
  • menyiapkan bahan dan menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan serta mengevaluasi realisasi anggaran untuk keperluan perencanaan tahun anggaran yang akan datang; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai bidang tugas dan kewenangannya.

Pasal 6

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas mengelola surat-menyurat, ekspedisi dan kearsipan, urusan rumah tangga dan aset, hubungan masyarakat dan keprotokolan, organisasi dan ketatalaksanaan serta administrasi kepegawaian.
  2. Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah sebagai berikut :

  • menyiapkan bahan dan menyusun rencana kegiatan pengelolaan urusan ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan, kehumasan dan keprotokolan, organisasi dan ketatalaksanaan, serta pengelolaan administrasi kepegawaian;
  • menyiapkan bahan dan menyusun petunjuk teknis pengelolaan surat-menyurat, ekspedisi dan kearsipan, urusan rumah tangga dan aset, hubungan masyarakat dan keprotokolan, organisasi dan ketatalaksanaan, serta pengelolaan administrasi kepegawaian;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pengelolaan surat-surat dan ekspedisi;
  • menyiapkan bahan, mengelola arsip dan menyusun jadwal retensi serta penghapusan arsip;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan dinas, akomodasi tamu, keprotokolan dan hubungan masyarakat;
  • menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana berkenaan dengan tata naskah dinas, uraian tugas, informasi jabatan, sistem dan prosedur kerja;
  • menyiapkan bahan analisa dan evaluasi efektivitas organisasi dan ketatalaksanaan;
  • menyiapkan bahan rencana mutasi kepegawaian yang meliputi pengangkatan dalam jabatan, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemberhentian pegawai serta urusan mutasi lainnya;
  • menyiapkan bahan pembinaan pegawai meliputi disiplin pengawasan melekat, kesejahteraan pegawai, pendidikan dan pelatihan, pemberian penghargaan dan sanksi kepegawaian serta kedudukan hukum pegawai;
  • melaksanakan penataan administrasi kepegawaian meliputi, bezetting formasi, daftar urut kepangkatan pegawai, dokumentasi berkas kepegawaian, absensi dan cuti pegawai;
  • menyiapkan bahan, melaksanakan analisis kebutuhan dan menyusun Rencana Kebutuhan Barang Unit dan Rencana Tahunan Barang Unit;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan distribusi dan koordinasi penghapusan perlengkapan dinas serta fasilitasi lainnya;
  • melaksanakan inventarisasi dan penyiapan barang sesuai manual administrasi barang;
  • menyiapkan bahan dan melaksanakan penatausahaan serta pengelolaan asset;
  • melaksanakan urusan rumah tangga berkenan dengan pengawasan dan pemeliharaan gedung, kendaraan dinas, rumah jabatan, penerangan, kebersihan dan keamanan lingkungan kantor;
  • menyiapkan bahan evaluasi kinerja individual kepegawaian dan pembinaan jiwa korps dan kode etik kepegawaian;
  • mengumpulkan bahan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dinas Pertanian;
  • memfasilitasi kebutuhan teknis dan administratif para pejabat fungsional yang ada dilingkup Dinas Pertanian; dan
  • melaksanakan tugas lain sesuai bidang tugas dan kewenangannya.