Selasa, 15 Oktober 2019

KEGIATAN SURVAILEN II LAB DINAS LINGKUNGAN HIDUP KAB.TAPIN


Rantau 15 April 2019, Laboratorium lingkungan DLH Kab. Tapin mendapatkan kunjungan pengawasan (Survailen) yang ke II dari Komite Akreditasi Nasional pada tanggal 14 – 15 Oktober 2019 terkait implementasi ISO/IEC 17025 : 2017 dalam  proses teknis maupun manajemen laboratorium.


Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab.Tapin selaku Manajer Puncak dari jajaran tim manajemen laboratorium, dan dihadiri oleh seluruh personil laboratorium dan tim asesor. Adapun asesor yang bertugas pada surveilan ke II ini adalah Bapak Nana Suryana (Asesor Kepala) dan Ibu Santi Ambarwati (Asesor Pendamping). Pada kegiatan ini laboratorium juga melakukan penambahan ruang lingkup untuk parameter terakreditasi sehingga menjadi 17 parameter lingkungan. Tim asesor melakukan penyaksian langsung (witness) terhadap pengambilan sampe uji di lapangan maupun proses pengujian parameter di dalam laboratorium untuk memastikan keseuaian terhadap acuan/ metode standar yang digunakan.

Acara penutupan dihadiri oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan, dan dilakukan penandatanganan persetujuan hasil temuan ketidaksesuaian terhadap implementasi ISO/IEC 17025:2017. Diharapkan laboratorium dapat segera menyelasaikan tindakan perbaikan terhadap temuan tersebut sehingga status akreditasi maupun pengakuan kompetensi pengujian lab Dinas Lingkungan Hidup secara nasional dapat dipertahankan.