Jumat, 30 Maret 2018

Festival Inovasi Sampah 3R

Rantau, 27 Maret 2018. Berlokasi di lapangan basket dwi dharma rantau, sebanyak 11 tim dari 11 sekolah tingkat SLTP dan SLTA yang ada di Kabupaten Tapin mengikuti kegiatan ini. acara tersebut di buka langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin Drs. H. Zain Arifin, MM. dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa kegiatan seperti ini akan rutin terus dilaksanakan untuk bisa menumbuhkan rasa peduli akan lingkungan, bisa menimbulkan rasa cinta terhadap lingkungan sekitar, serta membuat lingkungan menjadi bersih dan sehat, tentunya dengan memanfaatkan sampah disekitar kita dan mengolah sampah tersebut menjadi sesuatu yang bisa bermanfaat.



Para peserta diberi waktu oleh panitia selama 4 jam untuk mengolah sampah yang mereka bawa menjadi sesuatu yang sudah peserta rencanakan terlebih dahulu. Namun, sebelum peserta bisa memulai mengolah sampah tersebut, peserta diwajibkan untuk menimbang sampah yang mereka bawa.







Setelah selesai melakukan penimbangan, peserta dipersilakan untuk memulai aksi mereka dalam menginovasi sampah dari yang mereka sudah bawa, terlihat para peserta tampak begitu antusias dalam mengolah sampah, ada yang mengerjakan tugasnya sendiri, ada yang saling membantu dalam satu tim, peserta pun tampak bersemangat karena didampingi oleh guru dari sekolah mereka.








Dalam waktu 4 jam, semua peserta sudah menyelesaikan kreasi mereka, ada yang membuat meja dan kursi santai, kursi pelaminan, bak sampah, tas, pohon, dan sebagainya. Lalu semua peserta meletakkan barang kreasi mereka ke tengah lapangan agas bisa terlihat jelas oleh tim penilai. salah satu penilaiannya adalah peserta harus mempresentasikan kreasi olahan mereka didepan juri dan peserta lainnya, keindahan dan manfaat juga dinilai dari lomba ini.


Setelah semua melakukan presentasi, juri merekapitulasi hasil penilaian masing-masing tim. dan yang menjadi juara pada acara Festival Inovasi Sampah 3R kali ini adalah :
  • Juara I MTSN 2 Tapin ( Pohon Apel dari batang kayu, botol bekas)
  • Juara II MTSN 1 Tapin (meja, kursi, hiasan dari galon, botol bekas, kertas bekas)
  • Juara III MAN 1 Tapin (breket dari kulit bawang)