Selasa, 27 Februari 2018

HPSN Tahun 2018

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2018 kali ini, diaktualisasikan dengan kerja bersama dalam agenda "Tiga Bulan Bersih Sampah" yang dilaksanakan diseluruh indonesia. aksi ini mengajak bersosialisasi masyarakat, anak sekolah dan semua elemen yang nanti larinya ke Green Leadership.

Gerakan kebersihan akan dilakukan pada kantor-kantor pemerintahan, pelabuhan, bandara, pasar tradisional, dan kawasan pemukiman; pelaksanaan Car Free Day tanpa sampah, serta pelaksanaan kegiatan kampanye Pilkada tanpa sampah. Untuk menyukseskan kegiatan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) ini telah dikeluarkan surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : SE.1/MenLHK/PSLB3/PLB.0/1/2018.

Agenda ini menjadi jalan pemenuhan tujuan pembangunan pengelolaan sampah sebagaimana target yang telah ditetapkan dalam Perpres No. 97 tahun 2017 tentang Kebijakan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah, yaitu pada tahun 2025 terdapat pengurangan timbulan sampah 30% atau 20,9 juta ton serta penanganan sampah mencapai 70% atau 49,9 ton. Aganda TBBS sendiri akan berlangsung mulai tanggal 21 Januari hingga 21 April 2018.

Dikabupaten Tapin sendiri, acara TBBS dilaksanakan pada hari minggu tanggal 25 Februari 2018, lokasi kegiatan tersebut difokuskan di Ruang Terbuka Hijau Rantau Baru. Acara bersih-bersih ini dilaksanakan oleh Forum Komunitas Hijau (FKH) Kabupaten Tapin dan  didukung oleh SKPD terkait dihadiri oleh berbagai komunitas, siswa siswi sekolah, elemen masyarakat dan lain-lain.











Sumber : diolah dari berbagai sumber