Jumat, 05 Mei 2017

Pelatihan Penanaman Bambu dalam Rangka Rehabilitasi Lahan Kritis



Kamis lalu tanggal 05 Mei 2017 telah dilakukan Pelatihan Penanaman Bambu dalam Rangka Rehabilitasi Lahan Kritis bertempat di aula Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin. Acara tersebut menindaklanjuti "Gerakan Revolusi Hijau" yang dicanangkan oleh Provinsi Kalimantan Selatan yang bertujuan untuk menurunkan luas lahan kritis dan pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan dalam rangka mendukung rencana program Gerakan Menanam Bambu untuk masa depan "Rabu Mapan" di Kabupaten Tapin.


Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin Drs. H. Zain Arifin, MM tepat Pukul 09.00 WITA. Kemudian sambutan dari Buyung Yusuf Wibisono, SE perwakilan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan dan M Fatchoel Hadi Kepala Teknik Tambang PT. Sumber Kurnia Buana.



Pelatihan tersebut dihadiri oleh KNPI Kabupaten Tapin, FKH Go Green Bastari, KSM Mitra Bastari Binuang, KSM Bersemi, KSM Pengelola Sampah Bitahan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten  Tapin. Lalu acara dilanjutkan dengan pemaparan teknis oleh Rahmat Muslim, Mined Land Rehabilitation PT. Sumber Kurnia Buana. Untuk mewujudkan masyarakat yang lebih mandiri melalui usaha tani yang produktif, kompetitif, serta kompetitif, serta berorientasi pada pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat maka dilakukan langkah-langkah berikut :

  • Mengoptimalkan pemanfaatan lahan kritis (Ex. Tambang) dengan mencari alternatif tanaman yang dapat digunakan sebagai tanaman konservatif dan bernilai ekonomi.
  • Mengupayakan perbaikan lahan kritis dengan pengembangan budidaya tanaman atsiri (sereh wangi, akar wangi) dan tanaman bambu, sebagai tanaman konservasi tanah dan air yang mampu menekan erosi dan penyediaan air dalam tanah
  • Mengembangkan usaha tani dengan mengimplesentasikan kaidah-kaidah konservasi, yang memberikan keuntungan sebagai pendapatan jangka panjang (berkelanjutan) dan mendukung perbaikan lahan/lingkungan.
Model pendampingan yang dilaksanakan PT. Sumber Kurnia Buana, yaitu :

  • Mengadakan Sosialisasi mengenai budidaya tanaman sereh wangi dan mendorong pembentukan kelompok petani sereh wangi
  • Membantu petani di dalam pengadaan sarana produksi (bibit, pupuk, obat-obatan), penanaman serta pemeliharaan lahan
  • Melakukan koordinasi/pertemuan dengan kelompok petani sereh wangi
  • Melakukan pendampingan dan pengawasan budidaya sereh wangi mulai pra tanam sampai pasca panen
  • Penjadwalan waktu panen
  • Menjamin pembelian hasil panen budidaya sereh wangi dengan sistem kontrak

Setelah pemaparan teknis selesai, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab oleh peserta. dalam diskusi diajukan cukup banyak pertanyaan dan semua dapat dijawab dengan baik. Kemudian peserta pelatihan melakukan kunjungan lapangan sekaligus praktek penanaman bambu dan sereh wangi ke lahan ex. tambang PT. Sumber Kurnia Buana di Desa Paring Guling Kecamatan Bungur. Praktek pembibitan, penanaman dan pemeliharaan bambu dan sereh wangi di pandu oleh Agus Santo Petani Bambu Balikpapan.




diolah dari berbagai sumber.