Rabu, 14 Desember 2016

Dua Sekolah Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional


Syukur Alhamdulillah dua Sekolah di Kabupaten Tapin ( SMAN 1 Rantau dan MAN 1 Rantau ) menerima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional,  Penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2016 ini diberikan kepada 489 sekolah dari seluruh Indonesia yang berasal dari 31 Provinsi, 132 Kabupaten dan 51 Kota. Penghargaan Adiwiyata Nasional ini diberikan melalui seleksi Administrasi, penilaian dokumen dan verifikasi lapangan yang dimulai pada bulan Agustus hingga bulan November 2016, dengan melibatkan berbagai institusi lingkungan.





Acara sarasehan dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bersama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya pada Selasa lalu (13/12/2016) bertempat di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta.

Sarasehan dan pemberian Pengahargaan Adiwiyata Nasional ini juga dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Cinta Puspa Satwa yang merupakan momentum gerakan penyelamatan tumbuhan dan satwa langka., selain memberikan keseimbangan pada lingkungan juga meningkatkan kualitas lingkungan.



Program Adiwiyata adalah insentif dan bentuk apresiasi bagi sekolah-sekolah yang menunjukan komitment dan mau bekerja keras untuk bisa memenuhi 4 (empat) komponen yang ditentukan yaitu kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan berbasis partisipatif, dan sarana-prasarana pendukung pendidikan lingkungan.




Diharapkan dengan program Adiwiyata ini dapat memacu dan menginspirasi sekolah lain untuk ikut berperan aktif dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup.






diolah dari berbagai sumber