Rabu, 18 Mei 2016

Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016


Tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 yang akan diperingati tanggal 05 Juni 2016 mendatang mengangkat isu tentang perdagangan ilegal satwa liar. United Nations Environment Programme (UNEP), program lingkungan PBB, yang kemudian mengangkat isu ‘tanpa kompromi dalam memerangi perdagangan ilegal satwa liar’ sebagai isu utama Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2016 ini.

Hari Lingkungan Hidup atau World Environment Day (WED) merupakan salah satu kampanye global terbesar terkait pelestarian lingkungan hidup. WED bertujuan untuk menginspirasi setiap orang di bumi untuk mengambil tindakan dalam melestarikan lingkungan hidup.

Perdagangan ilegal satwa liar telah mengakibatkan mengikisnya keanekaragaman hayati di bumi terutama di Indonesia dan mengancam keberlangsungan hidup banyak spesies. Satwa-satwa liar tersebut saat ini menjadi hewan langka yang terancam punah. Slogan Go Wild for Life, mengajak semua penduduk bumi untuk memerangi perdagangan ilegal dan tidak memberikan toleransi terhadap perdagangan ilegal satwa yang dilindungi

Jika hal ini terus dibiarkan, akan mengakibatkan kepunahan berbagai spesies satwa liar yang dimiliki, khususnya di Indonesia. Padahal Indonesia menjadi salah satu megabiodiversity, negara dengan keanekaragaman hayati terbesar di dunia.

So, mari kita sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 dengan tekad untuk memerangi perdagangan ilegal satwa liar. Go Wild for Life.

Sumber : diolah dari berbagai sumber