Minggu, 25 Oktober 2015

Bank Sampah MuCai (Mudah Cair) Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin

Di satu sisi, sampah telah menjadi keseharian kita, namun di sisi lainnya sampah cenderung menjadi masalah baru bagi lingkungan. Banyaknya sampah yang tidak dikelola dengan kurang baik merupakan ancaman bagi lingkungan. Di perkantoran pun tidak luput dari adanya sampah, seperti kertas-kertas bekas pekerjaan, sisa bungkus makan dan minuman pegawai, dedaunan dihalaman kantor dan sebagainya.

Untuk itu Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin mendirikan Bank Sampah, dengan nama Bank Sampah Mucai (Mudah Cair) untuk menjadikan sampah-sampah yang ada di Kantor Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin bisa dikelola dengan baik. Sesuai dengan arahan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin bahwa Setiap Pegawai yang ada di Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin diwajibkan untuk Menabung di Bank Sampah Mucai satu kali dalam seminggu pada hari Jum’at.

Semua Pegawai Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin mendapatkan Buku Tabungan untuk mencatat jumlah sampah yang mereka serahkan ke petugas bank sampah, dan nominal rupiah yang diperoleh. Petugas Bank Sampah Mucai telah melakukan kerjasama dengan Bank Sampah Dulang Maramis untuk nantinya bisa menyerahkan hasil sampah-sampah dari Pegawai Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin.

Meskipun kegiatan pegawai BLH Kabupaten Tapin menabung pada Bank Sampah Mucai ini tidak mementingkan profit Bank Sampah Mucai, yang lebih penting adalah meningkatkan kesadaran Pegawai di Lingkungan Kabupaten Tapin untuk dapat memelihara lingkungan dari ruang lingkup terkecil. Terutama di lingkungan kantor BLH Kabupaten Tapin. Dengan harapan bisa menularkan semangat menjaga lingkungan kepada Pegawai di kantor-kantor lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin. Sehingga Kabupaten Tapin bisa menjadi kabupaten yang bersih dan bebas dari Sampah.

Diolah dari berbagai sumber.