Selasa, 09 Juni 2015

Pendampingan Mutu Laboratorium Lingkungan


Pengelolaan lingkungan hidup tidak terlepas dari peranan penting laboratorium lingkungan yang didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten. Laboratorium lingkungan sebagai penyedia data tentang kualitas lingkungan perlu dibina secara berkesinambungan dan ditingkatkan kapasitasnya agar dapat memanfaatkan sarana dan prasarana laboratorium secara optimal dan menghasilkan data yang akurat.

Untuk mencapai hal tersebut maka Laboratorium Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin mengadakan Kegiatan Pendampingan mutu Laboratorium lingkungan dilaksanakan selama empat hari pada tanggal 13-16 April 2015 bertempat di Aula Badan Lingkungan Hidup kabupaten Tapin dan di Lokasi Sampling. 

Narasumber pada kegiatan Pendampingan tersebut adalah Dr. Erini Yuwatini, Jauhari, Ssidan Kresnawati. Kegiatan Pendampingan tersebut di ikuti oleh seluruh Personil laboratorium Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin sebanyak 11 orang.
   
Kegiatan pendampingan mutu laboratorium lingkungan tersebut disi dengan beberapa materi, diantaranya adalah :

-          1. Teori Audit Internal
-          2. Praktek Audit Internal
-          3. Teori Kaji Ulang manajemen
-          4. Sistem Akreditasi dan Pemberkasan Laboratorium Penguji an Parameter Kualitas Lingkungan
-          5. Teori Pengambilan sampel air
-          6. Praktek Pengambilan sampel Air
-          7. Pengendalian mutu (QA dan QC) Laboratorium
-          8. Teori Kalibrasi dan uji kinerja peralatan laboratorium
-          9. Dasar-dasar pengujian sampel air dan air limbah di laboratorium
-          10. Dasar-dasar penerapan jaminan dan pengendalian mutu hasil pengujian
   
Terlaksananya Kegiatan pendampingan mutu laboratorium lingkungan ini menggunakan DPA Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin Tahun Anggaran 2015. Keberlanjutan program kegiatan ini akan direncanakan pada Bulan Mei minggu ketiga untuk Tahap Kedua Pendampingan pembinaan Laboratorium Lingkungan dalam rangka percepatan Akreditasi.


Diolah dari berbagai sumber